Rosululloh Bersama Istri
Dalam kitab-kitab sejarah Islam diterangkan, setelah di tinggal wafat istri pertama beliau yaitu Khodijah binti Khuwalid, maka Rasulullah hidup menyendiri selama kurun waktu 2 tahun, lalu Beliau menikah dengan beberapa wanita mukminah.
Diantara mereka ada yang meninggal dunia yaitu Zainab binti Khuzaimah. Jadi hingga tahun ke 9 H beliau mempunyai sembilan istri. Lima orang dari suku Quraisy: Aisyah binti Abu Bakar, Hafshah binti Umar, Ummu Habibah binti Abu Sufyan, Saudah binti Zam’ah, Ummu Salamah binti Abu Umayyah sedangkan yang lainnya bukan dari suku Quraisy; Sofiyah binti Huyyay dari bani Nadhir, Maimunah binti Al Harits dari bani Hilal, Zainab binti Jahsy dari bani Asad, Juwairiyah binti Al harist dari bani Mushtaliq.
Disamping itu beliau mempunyai sasary [sahaya wanita] yang bernama Mariah Qibthiyah seorang wanita hadiah dari Raja Mesir yang bernama Mauqoqis.
Sembilan istri Nabi SAW tersebut rumahnya saling berdekatan di tempat yang berhampiran dengan masjid Nabawi. Mereka semua termasuk Ummahatul Mukminin [para ibu-ibu orang yang beriman] kecuali Mariah tidak termasuk Ummahatul Mukminin [ia sebagai sahaya] dan tidak pula di tempatkan di sisi masjid. Nabi kita Muhammad SAW dalam menjalani kehidupan rumah tangganya adalah dengan pergaulan yang baik, sebagaimana di perintahkan Allah dalam surat An-Nisa ayat :19
_يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا يَحِلُّ لَكُمۡ أَن تَرِثُواْ ٱلنِّسَآءَ كَرۡهٗاۖ وَلَا تَعۡضُلُوهُنَّ لِتَذۡهَبُواْ بِبَعۡضِ مَآ ءَاتَيۡتُمُوهُنَّ إِلَّآ أَن يَأۡتِينَ بِفَٰحِشَةٖ مُّبَيِّنَةٖۚ وَعَاشِرُوهُنَّ بِٱلۡمَعۡرُوفِۚ فَإِن كَرِهۡتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰٓ أَن تَكۡرَهُواْ شَيۡٔٗا وَيَجۡعَلَ ٱللَّهُ فِيهِ خَيۡرٗا كَثِيرٗا ١٩_>
“Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa[278] dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata[279]. dan bergaullah dengan mereka secara patut. kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, Padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak”.
[278] Ayat ini tidak menunjukkan bahwa mewariskan wanita tidak dengan jalan paksa dibolehkan. menurut adat sebahagian Arab Jahiliyah apabila seorang meninggal dunia, Maka anaknya yang tertua atau anggota keluarganya yang lain mewarisi janda itu. janda tersebut boleh dikawini sendiri atau dikawinkan dengan orang lain yang maharnya diambil oleh pewaris atau tidak dibolehkan kawin lagi.
[279] Maksudnya: berzina atau membangkang perintah.
Juga sabda beliau:
{اكمل المؤمنين إيمانا أحسنهم خلقا, و خياركم خياركم لنسائهم { رواه الترمذي وقال حديث حسن صحيح>
“Orang yang paling sempurna keimanannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan orang yang paling baik diantara kalian ialah orang yang paling baik terhadap keluarganya [istrinya).”(HR Tirmidzy, hadits HASAN SHOHIH)
Telah banyak riwayat-riwayat yang menerangkan kepada kita tentang lemah-lembut, kasih sayang dan keakraban Rosululloh dengan istri-istri Beliau. Seperti yang dikisahkan Aisyah RA, bahwa Rosululloh pernah berlomba lari dengannya dalam suatu safar. Ketika itu Aisyah masih kurus sehingga ia berhasil mengalahkan Rosululloh. Namun akhirnya dalam sebuah safar Rosululloh menantangnya lomba lari lagi, hanya saja ketika itu badannya sudah gemuk, sehingga terasa berat olehnya, maka Rosulullohpun berhasil mengalahkannya. Bahkan Beliau bersabda sambil tersenyum “Wahai Aisyah ini balasan atas kekalahanku yang dulu ya…” Rosululloh sering mencium istrinya, bahkan hal tersebut beliau lakukan ketika beliau sedang berpuasa. Seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah RA bahwasannya Rosululloh menciumnya saat beliau sedang puasa. (HR An Nasa’i)
Rosululloh juga suka memberi hadiah hadiah kepada istri beliau. Imam Ahmad meriwayatkan: Dari Ummu Kultsum binti Abu Salamah, ia berkata: Ketika Rosululloh menikah dengan Ummu Salamah, Beliau bersabda padanya: “Sungguh aku pernah hendak memberi hadiah kepada raja Najasy sebuah pakaian berenda dan beberapa botol minyak kesturi, namun akhirnya aku mengetahui bahwasannya Raja Najasy telah wafat, dan aku mengira hadiah itu akan dikembalikan.
Jika hadiah itu memang dikembalikan padaku aku akan memberikannya padamu”. Ummu Kultsum berkata: “Ternyata keadaan Raja Najasy seperti yang disabdakan Rosululloh, dan hadiah tersebut dikembalikan pada Beliau, lalu Beliau memberikan kepada masing masing istrinya sebotol kesturi sedangkan sisa minyak kesturi dan pakaian tersebut Beliau berikan kepada Ummu Salamah.”
Rosululloh juga terkadang mengajak serta istri Beliau makan bersama di luar rumah, seperti memenuhi undangan jamuan makan misalnya. Dari sahabat anas bin Malik RA ia berkata; Rosululloh mempunyai tetangga orang persia yang sangat mahir mengolah masakan gulai. Suatu hari ia membuatkan masakan gulai yang sangat lezat untuk Rosululloh.
Lalu ia datang menemui Rosululloh untuk mengundang Beliau. Beliau bertanya; “Bagaimana dengan ini? (maksudnya Aisyah). Orang tersebut menjawab “Tidak”. Rosululloh kembali bersabda, “(Kalau begitu) Aku juga tidak mau.” Orang itu kembali mengundang Rasululllah SAW. Rasulullah bertanya: “Bagaimana dengan orang ini?” Orang itu menjawab: “Tidak”. Rasulullah kembali berkata: “Kalau begitu, aku juga tidak mau.” Kemudian, orang itu kembali mengundang Rasulullah SAW dan Rasulullah SAW kembali bertanya: “Bagaimana dengan ini? Pada yang ketiga kalinya ini orang persia itu mengatakan: “Ya”. Akhirnya mereka bangun dan segera berangkat ke rumah laki-laki itu.” (HR Muslim).
Rosululloh suka makan sepiring berdua juga minum segelas berdua dengan istri beliau: Dari Aisyah RA, ia berkata : “Saya dahulu biasa makan his (sejenis bubur) bersama Rosululloh.
Aisyah RA meriwayatkan pula, ia berkata; Aku biasa minum dari gelas yang sama dengan Rosululloh ketika aku sedang haidh, lalu Beliau mengambil gelas tersebut dan meletakkan mulutnya tepat di tempat aku meletakkan mulut. (HR Abdur Rozzak dan Said bin Manshur,dan riwayat lain yang senada dengan Muslim).
Diriwayatkan oleh Aisyah RA juga, bahwa ia pernah mandi berdua bersama Rosululloh dalam satu bejana, hingga ia berkata pada Nabi; “Biarkan ia…biarkanlah ia ….(sisakan airnya untukku).” (HR.An Nasa’i)
Aisyah Ra juga mengisahkan bahwa Rosululloh biasa menjahit pakaiannya sendiri, memperbaiki terompahnya, hanya saja bila adzan berkumandang Beliau segera meninggalkan aktivitasnya untuk segera pergi ke masjid.
Bahkan ketika Aisyah mulai membina rumahtangga dengan Nabi, ia masih sangat belia (pelaksanaan aqad nikah dengan Rosulululloh pada usia 7 tahun dan baru membina rumah tangga dengan Beliau pada usia 9 tahun) ia sering bermain-main boneka dengan teman-temannya.
Suatu ketika Rosululloh mendapatkannya sedang bermain boneka, dan diantara salah satu bonekanya ada yang bersayap. Rosulullohpun menanyakannya dengan sabdanya: “Wahai Aisyah ini apa yang ada sayapnya?” Aisyah menjawab; “Itu kuda Nabi Sulaiman yang bisa terbang.” Maka Rosululohpun tertawa mendengar jawaban Aisyah tersebut. Rosululloh juga menyempatkan diri mendengarkan serta menyimak cerita-cerita berhikmah yang dituturkan istri Beliau. Seperti Kisah Ummu Zar’in dalam sebuah hadis yang amat panjang.
حديث أم زرع رواه البخاري في (صحيحه) في (كتاب النكاح)، فقال: «باب: حسن المعاشرة مع الأهل»، ثم ساق بإسناده عن عائشة رضي الله عنها قالت: جلست إحدى عشرة امرأة فتعاهدن، وتعاقدن، أن لا يكتمن من أخبار أزواجهن شيئا..
فقالت الأولى: زوجي لحم جمل غَثّ، على رأس جبل، لا سهل فيرتقى، ولا سمين فينتقل
قالت الثانية: زوجي لا أبث خبره، إني أخاف أن لا أَذَرَه، إن أَذْكُرْهُ، أَذْكُرْ عُجَرَه وبُجَرَه.
قالت الثالثة: زوجي العَشَنَّق، إن أنطقْ أُطَلَّق، وإن أسكت أُعَلَّق.
قالت الرابعة: زوجي كليل تِهامة، لا حَرٌّ ولا قُرٌ ولا مخافة ولا سآمة
قالت الخامسة: زوجي إن دخل فَهِدَ، وإن خرج أًسٍدً، ولا يَسأل عما عَهِدَ.
قالت السادسة: زوجي إن أكل لفَّ، وإن شرب اشتفَّ، وإن اضطجع التفَّ، ولا يولج الكفَّ ليعلم البَثّ.
قالت السابعة: زوجي غياياء أو عياياء طباقاء، كل داء له داء، شجّكِ أو فَلَّكِ أو جمع كلا لك.
قالت الثامنة: زوجي، المسُّ مسُّ أرنب، والريح ريح زَرْنَب.
قالت التاسعة: زوجي رفيع العماد، طويل النِّجاد، عظيم الرماد، قريب البيت من النَّاد.
قالت العاشرة: زوجي مالك، وما مالك، مالك خير من ذلك، له إبل كثيرات المبارك، قليلات المسارِح، وإذا سمعن صوت المِزْهَر أيقن أنهن هوالك.
قالت الحادية عشرة: زوجي أبو زرع فما أبو زرع، أَنَاسَ من حلي أذني، وملأ من شحم عَضُدَي، وبَجَّحَنِي فبجحت إلي نفسي، وجدني في أهل غُنيمة بشق، فجعلني في أهل صَهِيلٍ وأَطِيطٍ، ودائس ومُنَق، فعنده أقول فلا أُقبَّح، وأرقد فأتصبح، وأشرب فأتقنَّح.
أم أبي زرع، فما أم أبي زرع، عُكُومُها رَدَاح، وبيتُها فَسَاح.
ابن أبي زرع فما ابن أبي زرع، مضجعه كَمَسَلِّ شَطْبَة، ويشبعه ذراع الْجَفْرَة.
بنت أبي زرع، فما بنت أبي زرع، طَوْعُ أبيها، وطوع أمها، ومِلءُ كسائها، وغيظُ جارتها.
جارية أبي زرع، فما جارية أبي زرع، لا تَبُثُّ حديثنا تبثيثا، ولا تنقِّث ميرتنا تنقيثا، ولا تملأ بيتنا تعشيشا.
قالت: خرج أبو زرع والأوطاب تُمَْخَض، فلقي امرأة معها ولدان لها كالفهْدين يلعبان من تحت خَصرها برمانتين، فطلقني ونكحها، فنكحت بعده رجلا سَرِيّا، رَكِبَ شَرِيّا، وأخذ خَطِّيا، وأراح علَّي نعما ثَرِيَّا، وأعطاني من كل رائحة زوجا، وقال: كلي أم زرع، ومِيري أهلك، قالت: فلو جمعتُ كل شيء أعطانيه ما بلغ أصغر آنية أبي زرع.
قالت عائشة: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “كنت لك كأبي زرع لأم زرع” (1) هذا سياق لفظ البخاري وفي الحديث كلمات من عويص اللغة تحتاج إلى إيضاح معانيها، وقد فسرها ابن حجر في (فتح الباري) وغيره، والله أعلم
Diriwayatkan oleh ‘Aisyah R.a : Di satu kampung dari perkampungan Yaman, pernah ada 11 wanita duduk berkumpul, lalu mereka saling berjanji dan mengucapkan kesepakatan untuk tidak menutup-nutupi sedikitpun informasi tentang suami-suami mereka.
Wanita pertama mengatakan: “Suamiku bagaikan unta yang kurus yang berada diatas puncak yang terjal, yang landai pun didaki dan yang gemuk pun dinaiki.”
Wanita kedua mengatakan: “Suamiku berperawakan tinggi sekali. Jika aku berbicara maka aku akan diceraikannya dan jika aku diam akupun akan dibiarkannya tanpa dicerai dan dikawinkan,maknanya terkatung katung (muallaqoh).”
Wanita keempat mengatakan: “Suamiku seperti suasana malam di wilayah Tihamah, tidak panas dan tidak juga terlalu dingin, tidak menakutkan dan juga tidak membosankan.”
Wanita kelima mengatakan: “Suamiku apabila memasuki rumah, maka dia langsung tertidur nyenyak dan apabila keluar rumah dia seperti seekor singa tanpa menanyakan sesuatu apapun yang bukan termasuk urusannya.”
Wanita keenam mengatakan: “Suamiku apabila makan, maka ai makan banyak sekali dengan bermacam jenis lauk dan jika minum maka semua sisa minuman akan diteguknya. Dan jika tidur dia akan berselimut tanpa mendekati diriku sehingga ia dapat merasakan nikmatnya kebersamaan.”
Wanita ketujuh mengatakan: “Suamiku adalah orang yang tidak mengetahui kepentingan dirinya atau lemah syahwat serta tergagap-gagap bicaranya, setiap minum obat yang diminum tidak dapat menyembuhkan. Disamping itu dia juga orang yang mudah melukai dan memukul.”
Wanita kedelapan mengatakan: “Suamiku beraroma wangi seperti zarnab dan lembut laksana sentuhan seekor kelinci.”
Wanita kesembilan mengatakan: “Suamiku adalah seorang laki laki terhormat, berpostur tinggi dan sangat dermawan, berumah dekat dengan tempat pertemuan.” Wanita kesepuluh mengatakan: “Suamiku bagaikan seorang raja, apa maksudnya? Suamiku adalah seorang pemilik unta yang banyak yang selalu menderum dan jarang sekali bergembala di padang rumput. Unta-unta tersebut jika mendengar suara alat musik kecapi, mereka merasa bahwa sebentar lagi mereka akan disembelih.”
Dan wanita yang ke sebelas mengatakan: “Suamiku Abu Zar’in(seorang petani). Tahukah kamu siapakah Abu Zar’in? Dialah yang memberiku perhiasan anting-anting dan memberiku makan sehingga aku kelihatan gemuk dan selalu membuatku gembira sehingga aku merasa senang. Dia mendapati diriku dari keluarga tidak mampu yang tinggal di lereng bukit lalu mengajakku tinggal di daerah peternakan kuda dan unta dan dia juga seorang petani. Aku tidak pernah dicela bila berbicara disisinya dan bila tidur aku dapat tidur dengan nyenyak sampai pagi. Dan bila minum aku dapat minum sampai puas. Lalu Ummu Abu Zar’in, tahukah kamu siapakah Ummu(ibu) Abu Zar’in ? dia memiliki kantong-kantong bahan makanan yang besar-besar dan rumahnya yang sangat luas. Ibnu Abu Zar’in, tahukah kamu siapakah Ibnu (putra)Abi Zar’in’? Dia memiliki tempat tidur laksana pedang yang dicabut dari sarungnya. Dia sudah merasa kenyang dengan hanya memakan sebelah kaki seekor anak kambing. Putri Abu Zar’in, tahukah kamu siapakah putri Abi Zar’in itu? Ia adalah seorang yang amat patuh terhadap kedua orang tuanya. Tubuhnya gemuk dan suka menimbulkan iri tetangganya. Budak perempuan Abu Zar’in, tahukah kamu siapakah budak perempuan Abu Zar’in? Ia tidak pernah menyebarkan rahasia pembicaraan kami dan tidak menyia-nyiakan persediaan makanan kami serta tidak pernah mengotori rumah kami seperti sarang burung.”
Ia (sang istri) melanjutkan: “Suatu hari Abu Zar’in keluar dengan membawa bejana-bejana susu yang akan dijadikan mentega. Lalu bertemu dengan seorang wanita bersama kedua anaknya yang seperti dua ekor anak singa bermain dengan dua buah delima dibawah pinggang ibunya (ada pula yang menterjemahkan seorang wanita yang sedang menyusui kedua anaknya,serta anak anak itu memainkan payudaranya,ini menunjukkan kesuburan wanita itu,sementara ummu zarin tidak memiliki keturunan). Setelah itu aku diceraikannya demi menikahi wanita tersebut. Lalu aku menikah lagi dengan seorang lelaki terhormat serta dermawan. Ia menunggangi kuda yang sangat cepat larinya sambil membawa sebatang tombak dan memperlihatkan kepadaku kandang ternak yang penuh dengan unta, sapi dan kambing serta memberikanku sepasang dari setiap jenis binatang ternak tersebut. Dia berkata: “Makanlah wahai Ummu Zar’in dan bawalah untuk keluargamu. Kalau kukumpulkan semua pemberiannya pasti tidak akan mencapai harga tempat minum paling kecil milik Abu Zar’in. ‘Aisyah berkata: Rosulullah bersabda kepadaku: “Aku terhadapmu adalah seperti Abu Zar’in terhadap Ummu Zar’in H hanya saja aku tidak menceraikanmu.
( Shahih Bukhari No.5189, Shahih Muslim No.4481)
begitulah ‘Aisyah menuturkan kisahnya…